Beberapa makanan yang apabila dikonsumsi dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

Tubuh memang rentan terhadap gangguan ringan, seperti flu atau pilek. Meski tergolong penyakit ringan namun penyajit seperti flu atau pilek tentu saja sangat mengganggu. Agar tidak gampang terserang penyakit, anda tentu harus menjaga kondisi dan stamina dengan beragam cara, salah satu caranya adalah dengan meningkatkan daya tahan dan kekebalan atau imunitas melalui asupan makanan yang bergizi.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat yang dapat anda pilih untuk meningkatkan imunitas tubuh. Tentu saja dengan mengonsumsinya secara tepat dan seimbang, agar kondisi tubuh tetap prima dan terhindar dari gangguan penyakit.
  • Tiram
Tiram mengandung mineral seng (zinc). Kandungan mineral seng dalam tiram memiliki efek antivirus. Mineral seng terbukti berperan besar dalam sistem imun, termasuk dalam penyembuhan luka.
  • Semangka
Selain mengandung banyak cairan dan menyegarkan, semangka yang telah matang juga memiliki kandungan antioksidan dan glutathione yang tinggi. Glutathione dikenal dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat memerangi infeksi. Glutathione sendiri ditemukan dalam daging buah semangka yang merah.
  • Brokoli
Sebuah penelitian menunjukkan, zat kimia alami dalam brokoli membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. Selain itu, brokoli juga memiliki vitamin A, vitamin C, dan glutathione. Anda dapat menambahkan lauk dengan brokoli yang diberi keju rendah lemak sehingga memperoleh vitamin B dan vitamin D yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Kubis
Selain semangka, kubis juga merupakan salah satu sumber glutathione yang berguna memperkuat sistem kekebalan.
  • Yoghurt rendah lemak
Beberapa peneliti percaya bahwa yoghurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Selain itu, studi terbaru tentang vitamin D terbaru telah menemukan hubungan antara kadar vitamin D rendah dan meningkatnya risiko kedinginan dan terkena flu.
  • Bawang putih
Bawang putih mengandung sejumlah antioksidan yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan H pylori, bakteri yang menyebabkan bisul dan kanker perut. Tips memasaknya adalah: kupas bawang putih, potong, dan biarkan 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Bayam
Bayam mengandung folat yang membantu tubuh Anda memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Bayam juga mengandung serat, antioksidan, seperti vitamin C, dan banyak lagi.
  • Teh
Teh hijau dan teh hitam sama-sama mengandung polifenol dan flavonoid yang dapat melawan penyakit. Antioksidan yang terkandung dalam kedua jenis teh itu dapat menghancurkan radikal bebas.
  • Ubi jalar
Ubi jalar memiliki beta karoten-antioksidan yang melawan radikal bebas. Ubi jalar juga mengandung vitamin A yang berguna memperlambat proses penuaan dan dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker.
  • Jamur kancing
Jamur memiliki kandungan mineral selenium dan antioksidan. Berdasarkan penelitian, rendahnya tingkat selenium dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terjangkit flu yang lebih parah. Selain itu, kandungan riboflavin dan niacin yang terkandung dalam jamur kancing berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa jamur juga memiliki antivirus, antibakteri, dan efek anti-tumor.
  • Kacang “almond”
Stres sama artinya dengan menurunkan kekebalan tubuh? Cobalah segenggam almond untuk mengatasinya. 1/4 cangkir almond sudah mengandung 50 persen dari jumlah vitamin E yang dibutuhkan tubuh untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan. Almond juga mengandung riboflavin dan niacin, vitamin B yang dapat membantu Anda bangkit kembali dari dampak stres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar