Pisang Goreng Pontianak

Bila Anda berkunjung ke Kota Pontianak, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat, jangan lupa menikmati salah satu makanan daerah Pontianak yaitu pisang goreng Pontianak. Sebab, pisang goreng Pontianak telah menjadi ikon wisata kuliner kota yang berada di tepi Sungai Kapuas tersebut memiliki rasa yang empuk dan gurih.

Pisang goreng asli Pontianak ini dibuat dari pisang yang disayat tipis-tipis menjadi 4 hingga 7 potong, di mana bentuknya menyerupai sebuah kipas. Ada juga bentuk lain yakni dua buah pisang dijadikan satu dan lalu digoreng. Begitu juga dengan bentuknya, yang tidak mesti menyerupai sebuah kipas, tapi bisa juga seperti fried chicken, atau crispy nugget.

Pisang goreng Pontianak menggunakan pisang gepok atau pisang nipah sebagai bahan baku. Jenis pisang ini dipilih karena kandungan kadar airnya sedikit sehingga ketika digoreng tidak lembek. Agar aroma goreng pisang lebih harum, minyak yang akan digunakan untuk menggoreng terlebih dahulu diberi daun pandan.

Bila pisang goreng di daerah lain pada umumnya digoreng satu kali, pisang goreng Pontianak digoreng dua kali pada dua tempat penggorengan yang berbeda. Pada tahap pertama, pisang digoreng setengah matang. Sedangkan pada tahap kedua, pisang digoreng hingga matang. Bahkan, untuk mendapatkan hasil yang lebih garing, pisang tersebut digoreng hingga tiga kali.

Baca juga :
- Bingka Kentang, Bingka khas Kalimantan Selatan
- Buah Kiwi (Actinidia chinensis)
- Manfaat dan kandungan vitamin yang ada dalam Buah Apel
- Kandungan dan manfaat buah Stroberi

5 komentar:

  1. Asyik d santap saat hujan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup.. Tambah teh hangat makin mantab

      Hapus
  2. Jadi ngiler setelah liat gambar dan ngebaca artikelnya

    BalasHapus
  3. Maknyus banget nich...!!!

    BalasHapus
  4. Kuliner Indonesia emang mantab bro.. :D

    BalasHapus