Pecel

Pecel, anda pasti mengenal makanan yang satu ini. Pecel merupakan makanan khas yang berasal dari Madiun, Jawa Timur. Pecel dibuat dari rebusan sayuran berupa bayam, tauge, kemangi, kacang panjang, daun turi, atau tambahan sayuran lainnya yang dihidangkan dengan disiram sambal pecel/sambal kacang. Bahan utama pembuat sambal pecel adalah kacang tanah dan cabe rawit yang dicampur dengan bahan lainnya seperti daun jeruk purut, bawang, asam jawa, merica dan garam. Pecel akan tambah lengkap dan sedap apabila dihidangkan dengan rempeyek kacang, rempeyek udang atau kerupuk tergantung selera anda.

Penyajiannya pun bisa ditambahkan dengan ayam goreng plus nasi putih. Tempat penyajian bisa dalam piring atau dengan daun pisang yang dilipat. Untuk tingkat kepedasan rasanya, tergantung selera. Tingkat kepedesannya tergantung pada jumlah cabai yang ditambahkan pada saat membuat sambal pecel.

Jika tidak ingin repot-repot membuat sambal pecel sendiri, sambal pecel banyak dijual di pasar atau supermarket. Apabila sambal yang dibeli sendiri tersebut terasa kurang pedas, bisa ditambahkan cabai sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar