Sup Gangan


Anda mungkin pernah mendengar makanan yang satu ini atau mungkin justru pernah menikmatinya. Namun untuk saya dan mungkin beberapa dari anda juga belum pernah mendengar nama makanan yang satu ini. Sup gangan ini adalah makanan berupa sop (sesuai namanya sup) yang merupakan makanan khas dari daerah Belitung yaitu Sup Ikan yang lebih dikenal dengan sebutan Sup Gangan. Sup gangan ini berwarna kuning (warna kuning berasal dari kunyit yang digunakan sebagai bumbu) yang berbumbu pedas. Cita rasanya sangat tergantung pada jenis ikan yang dipilih untuk membuat masakan ini. Ikan yang paling sering digunakan untuk membuat sup gangan diantaranya adalah ikan ketarap, dan ilak.

Adapun bumbu yang digunakan untuk memasak sup gangan adalah kunyit, lengkuas, serai, cabe rawit, bawang merah, terasi, asam jawa, garam dan gula pasir. Untuk mendapatkan rasa yang khas dalam memasak gangan harus menggunakan ikan yang segar. Ikan segar bisa dilihat dari mata yang jernih, kenyal dan insangnya masih berwarna merah. Kuah dan daging yang berwarna kekuningan dari sup ini menebarkan aroma yang segar dan menggugah selera. Terbayang rasa gurih dari daging ikan yang kekuningan, ditambah rasa sedikit pedas, dan asam daru kuah sup, wuihh.. benar-benar sedap.

Biasanya masyarakat Belitung membuat gangan dari ikan ketarap, ikan kakap merah, dan ikan bulat. Mereka beralasan bahwa daging ikan-ikan tersebut cocok untuk sup karena bumbu mudah meresap kedalam daging ikan, selain itu ikan-ikan tersebut renyah dan empuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar