Bingka Kentang, Bingka khas Kalimantan Selatan

Kue bingka kentang merupakan salah satu kue khas dari Banjarmasin, Kalimantan selatan. Di Banjarmasin kue bingka ini sudah menjadi jajanan favorit warga Banjar.

Apalagi pada saat bulan Ramadhan, makanan ini menjadi makanan favorit untuk berbuka puasa. Sayangnya meskipun sangat banyak dijual pada saat bulan Ramadhan, jajanan yang satu ini sulit ditemukan pada saat-saat bukan bulan Ramadhan, Namun anda tetap bisa menikmatinya tanpa harus menunggu bulan Ramadhan yakni dengan memesan pada penjual yang biasa menjual makanan ini, karena biasanya ada diantara mereka yang menerima pesanan, atau anda bisa mencoba alternatif lain yakni dengan membuatnya sendiri.

Kue bingka ini mirip kue lumpur, namun versinya lebih besar. Cita rasa yang khas membuat kue ini menjadi pilihan utama untuk menu berbuka puasa atau makanan selingan seusai salat tarawih. Kue ini terasa empuk, memiliki rasa legit dan manis. Serta menebarkan aroma sangat wangi dan membangkitkan hasrat untuk mencicipinya.

Sebenarnya bukan hanya kentang yang bisa dijadikan bahan campuran kue bingka. Nangka dan tape juga bisa. Namun, citra rasanya tak bisa mengalahkan kentang. Dan biasanya bingka kentang lah yang paling banyak diminati daripada rasa yang lainnya, meskipun rasa-rasa yang lain tidak kalah sedap dengan bingka kentang (tergantung pada selera masing-masing).

Karena dalam proses pembuatannya menggunakan santan yang kental maka bingka kentang bisa menimbulkan rasa eneg apabila mengkonsumsinya terlalu banyak. Jadi nikmati saja secukupnya, menikmati kue bingka kentang sedikit demi sedikit akan menambah nikmatnya cita rasa kue bingka yang lezat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar