Masak habang

Masak Habang adalah salah satu kuliner dari Banjarmasin. Disetiap sudut kota Banjarmasin, anda bisa dengan mudah menemukan warung, restoran atau kedai yang menghidangkan masakan satu ini. Isinya pun beragam. Mulai daging sapi, ayam dan telur. Biasanya, ketika masyarakat Banjarmasin merayakan pesta pernikahan ataupun acara syukuran, masakan yang satu ini selalu menjad hidangan bagi para tamu undangan.

Potongan daging sapi/ayam/telur yang disajikan bersama dengan bumbu berwarna merah menjadi ciri khas tersendiri dari menu Daging Masak Habang. Dominan warna merah pada bumbu itu berasal dari cabe merah yang telah dihaluskan. Karena itulah masakan ini diberi nama masak habang, dalam bahasa Banjarmasin, babang berarti merah.

Sebagian orang berpendapat, rahasia kenikmatan Daging Masak Habang berasal dari bumbu merahnya. Bagi anda yang kurang begitu suka dengan selera pedas, jangan khawatir. Rasa bumbu Daging Masak Habang ini tidak terlalu pedas, meskipun warna bumbunya terlihat seperti warna cabe. Karena, sebelum dihaluskan bersama dengan aneka bumbu lainnya, cabe merah itu terlebih dahulu dibersihkan dari bijinya dan direndam dengan air panas selama lebih kurang 30 menit hingga tampak mengembang. Bahkan terkadang rasa masakan ini manis, tergantung pada takaran gula yang ditambahkan pada saat memasak.

Di kedai ataupun rumah makan di pusat kota Banjarmasin, seporsi Daging Masak Habang umumnya disajikan bersama dengan sepiring nasi putih ataupun beberapa potong ketupat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar