Buah Kiwi (Actinidia chinensis)

Buah ini juga disebut Chinese gooseberry, sejenis beri dari Cina. Selandia Baru merupakan negara penghasil buah kiwi terbesar di dunia, namun sebenarnya buah kiwi bukanlah buah asli dari selandia baru. Ada yang berpendapat buah kiwi berasal dari Cina namun ada juga pendapat yang mengatakan bahwa buah ini berasal dari Bangladesh. Terlepas dari semua itu, saat ini terdapat sekitar 10 jenis kiwi yang ditanam hampir diseluruh dunia seperti di Amerika Serikat, Perancis, Italia, Spanyol, Chili, Australia, dan Rusia.

Buah kiwi ini terbagi atas 2 jenis yaitu kiwi jenis green dan kiwi jenis gold. Sesuai dengan namanya, kiwi jenis green mempunyai daging berwarna hijau dan kiwi jenis gold memiliki daging berwarna kekuningan. Kiwi jenis Gold mengandung vitamin E mencapai 1,49 miligram/100 gram. Sedangkan kiwi jenis Green, memiliki kandungan vitamin E sedikit lebih rendah, yakni 1,46 miligram/100 gram.

Kiwi segar dapat dimakan langsung dengan cara dipotong atau disendok langsung, jika ingin mengkonsumsi langsung jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu. Rasanya merupakan perpaduan antara manis dan asam segar. Kiwi bisa juga dicampur dalam sereal, yogurt, es krim, atau sorbet buah. Selain itu liwi juga cocok dihidangkan sebagai buah meja, dibuat jus atau puding. Apa saja yang terkandung dalam buah kiwi dan apa saja manfaatnya?

Kandungan terbanyak dalam buah kiwi adalah air yaitu sekitar 83% dari beratnya. Kandungan lainnya adalah karbohidrat (15 gr/100gr), protein (1 gr/100gr), lemak (0,4 gr/100gr), serat (3,4 gr/100gr) dan kalori (61 kkal/100gr).

Berikut ini beberapa manfaat buah kiwi untuk kesehatan.

  1. Buah kiwi mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup banyak yakni 100 mg vitamin C dalam 100 gram beratnya. Selain itu, buah kiwi juga mengandung vitamin A, B1, B2, potasium, niasin dan asam folat.
  2. Buah kiwi juga kaya akan Antioksidan, Kandungan polifenol, karotenoid dan enzim-enzim lain membentuk antioksidan yang akan menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh.
  3. Mengandung Lutein dan Beta Karoten yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.
  4. Mengandung Kalium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. Kiwi juga dapat membantu mengurangi risiko penggumpalan darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Mengontrol kolesterol dan kadar gula dalam darah.
  5. Buah kiwi juga mengandung sedikit kalori dan mengandung serat yang tinggi sehingga sangat cocok bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.
Buah yang satu ini memang layak dikonsumsi karena kandungan nutrisinya yang berguna untuk memenuhi nutrisi tubuh, disamping itu kandungan vitamin E yang terdapat dalam buah kiwi juga bermanfaat untuk kecantikan, antara lain:

  1. Dapat digunakan sebagai masker yang akan membuat kulit menjadi lebih elastis dan segar, sehingga kulit akan tampak lebih kencang dan awet muda.
  2. Mengkonsumsi kiwi dapat membuat kulit menjadi tampak lebih bersinar, mengurangi kerutan pada wajah dan mengurangi lingkaran hitam pada mata.
  3. Biji kiwi menghasilkan minyak omega-3 yang biasa digunakan sebagai bahan kosmetik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar