Ketupat Kandangan


Salah satu makanan khas yang cukup terkenal yang berasal dari daerah Kalimantan Selatan yaitu Ketupat Kandangan dari Kab.Hulu Sungai Selatan yang mana bila dibanding dengan makanan khas daerah lain seperti Jawa dan Sumatera maka rasanya tidak akan kalah lezat. Ketupat Kandangan, menu khas ini sangat akrab dengan masyarakat Kalimantan Selatan pada umumnya. Ketupat dan Dodol Kandangan merupakan kuliner yang cukup terkenal dari kota ini Hampir setiap warung makanan di Hulu Sungai Selatan menyediakan menu yang namanya Ketupat Kandangan.

Ketupat kandangan disediakan dengan gulai santan dan ikan haruan ( dalam bahasa Indonesia adalah ikan gabus ) yang dipanggang menggunakan arang kayu. Gulai ikan ini juga disajikan dengan cara khas Kandangan. Ikan tidak langsung dicampur dengan kuah gulai, tetapi dibikin terpisah. Setelah dipanggang dalam tusukan sate, barulah haruan ini dicelup dalam kuah gulai Lalu disajikan bersama potongan-potongan ketupat.

Ikan haruan atau gabus adalah jenis ikan yang banyak hidup di rawa-rawa, bahkan di genangan-genangan air yang masam di Kalimantan Selatan. Dapat dikatakan ikan haruan adalah makanan rakyat Banjar yang umumnya disantap bersama ketupat kandangan.

Bagi lidah orang Banjar, katupat kandangan merupakan makanan favorit, terutama untuk sarapan pagi.

1 komentar: