Manfaat dan kandungan vitamin yang ada dalam Buah Apel

Apel merupakan salah satu buah yang banyak disukai karena rasanya yang khas dan enak. Selain sudah sangat populer buah yang satu ini juga sangat mudah didapat dan harganyapun terjangkau. Namun ternyata disamping itu semua terdapat banyak kandungan nutrisi dan manfaat yang didapat dari buah yang terkenal sensual ini.

Apa saja kandungan buah apel? Dan manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari buah yang satu ini? Kandungan zat-zat gizi dalam 100 gram buah apel adalah sebagai berikut :
  • Energi / 58,00 kal
  • Protein / 0,30 g
  • Lemak / 0,40 g
  • Karbohidrat / 14,90 g
  • Kalsium / 6,00 mg
  • Fosfor / 10,00 mg
  • Serat / 0,70 g
  • Besi / 1,30 mg
  • Vitamin A / 24,00 RE
  • Vitamin B1 / 0,04 mg
  • Vitamin B2 / 0,03 mg
  • Vitamin C / 5,00 mg
  • Niacin / 0,10 mg
Berikut ini adalah manfaat dari kandungan yang ada dalam buah apel :
  1. Buah apel merupakan buah yang kaya akan vitamin. Vitamin A dalam apel berfungsi unutuk menjaga mata dalam kondisi baik dan mencegah kebutaan. Dibandingkan dengan jeruk, apel mengandung 50 % lebih banyak vitamin A. Apel mempunyai kandungan vitamin C dan B yang penting untuk mempertahankan kesehatan saraf. Vitamin C penting untuk pembentukan tulang dan gigi.
  2. Selain kaya vitamin, buah apel juga kaya akan kandungan mineral. Mineral dalam buah apel antara lain kalsium, mineral besi, magnesium, potasium, dan zinc. Mineral besi (Fe) pada buah apel, meskipun kandungannya tidak tinggi namun mempunyai kemampuan untuk membantu penyerapan Fe dari makanan lain. Demikian pula kalsium dalam apel, dapat membantu sistem pencernaan untuk menyerap kalsium dari makanan lain.
  3. Buah apel juga mengandung fitokimia. Fitokimia merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polus. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.
  4. Kandungan serat dalam buah apel sangat cocok bagi mereka yang sedang melakukan program diet. Karena selain untuk memperlancar pencernaan, serat yang tinggi juga dapat berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang (kandungan Asam D-glucaric dalam apel merupakan zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol).
  5. Buah apel juga memiliki kandungan tanin. Tanin adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi. Penyakit gusi ini disebabkan saling menempelnya bakteri pembentuk plak.
  6. Di dalam buah apel terdapat baron. Apakah baron itu? Baron berfungsi mempertahankan jumlah estrogen dalam tubuh seorang wanita.
  7. Zat Flavoid juga ada dalam sebuah apel, zat flavoid ini merupakan zat yang berfungsi menurunkan resiko kanker.
  8. Quercetin merupakan zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar antioksidan sehingga tubuh terasa lebih sehat dan mencegah berbagai penyakit. Zat quercetin ini juga ada dalam apel.
  9. Buah apel mempunyai indeks glikemik (indeks pengukuran tentang cepatnya peningkatan gula darah) yang sangat rendah. Hal ini berarti bahwa pergantian gula yang terdapat secara alami pada apel tidak akan memacu kecepatan naiknya gula darah. Apel juga berfungsi mengontrol keluarnya insulin, sehingga tidak berlebihan.
  10. Melindungi tubuh dari virus flu. Sari apel sangat baik untuk melawan serangan infeksi virus karena stamina dan kekebalan tubuh meningkat berkat konsumsi sari apel.
Setelah mengetahui banyak manfaat dari buah apel dan rasanya yang enak tentunya anda tidak perlu ragu lagi untuk sering-sering mengkonsumsi buah yang satu ini.

11 komentar: