Manfaat buah Nanas

Buah yang berasal dari Brazil ini adalah buah yang memiliki mata yang banyak, memiliki warna kuning keemasaan, terdapat tunas merayap pada bagian pangkalnya. Daun berkumpul dalam roset akar dan pada bagian pangkalnya melebar menjadi pelepah. Namun meskipun berasal dari Brazil, buah ini tidak sulit didapatkan di Indonesia, karena buah ini juga dapat tumbuh di Negara yang memiliki iklan tropis seperti Indonesia.

Nanas merupakan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan berfungsi sebagai tanaman obat. Mulai dari vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, natrium, kalium, fosfor, dekstrosa, sukrosa dan enzim bromelain. Enzim bromelain dalam nanas berkhasiat untuk antiradang, membantu pencernaan di lambung, menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah penggumpalan darah.

Buah yang juga merupakan tempat tinggal dari tokoh kartun spongebob ini memiliki kandungan serat terbilang tinggi dan cocok sebagai obat untuk sembelit sehingga nanas dapat menjadi obat pencahar bagi mereka yang sulit buang air besar. Nanas juga dapat mengangkat sel kulit mati. Salah satu contohnya adalah enzim dalam daun dan buah nanas dapat mengangkat jaringan kulit yang mati akibat luka bakar. Caranya adalah dengan menumbuk beberapa helai daun nanas yang telah dicuci bersih, kemudian dibalurkan pada bagian kulit yang iritasi karena gatal, bisul, atau luka bakar. Radang tenggorokan, perut kembung, radang kulit hingga memar dapat dibantu penyembuhannya dengan buah nanas.

Nanas juga dapat membantu melangsingkan tubuh yakni dengan meminum air sari nanas, dipercaya dapat menurunkan berat badan dan tentunya tubuh menjadi lebih langsing.

Namun ternyata disamping manfaat yang dimiliki oleh buah nanas, ternyata buah ini juga mempunyai efek samping yang negative yang harus sangat diperhatikan. Diantaranya adalah :
  • Nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Karena itu, nanas dapat digunakan untuk melancarkan terlambat haid. Untuk itu, perempuan hamil dilarang mengkonsumsi nanas muda.
  • Memicu rematik. Di dalam saluran cerna, buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Ini bisa memicu kekambuhan rematik gout. Penderita rematik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas.
  • Meningkatkan gula darah. Buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Jadi, bagi penderita diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan.
  • Menimbulkan rasa gatal. Terkadang sehabis makan nanas segar, mulut dan lidah terasa gatal. Untuk menghindarinya, sebelum dimakan, rendamlah potongan buah nanas dengan air garam.
Baca juga :
- Kandungan dan manfaat buah Stroberi
- Tahu Sumedang
- Manfaat dan kandungan vitamin dalam buah apel
- Bakpia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar